Minggu, 24 Januari 2016

Komunikasi Dalam Organisasi

TEORI ORGANISASI UMUM 2

NAMA            : BACHTIAR RIVAIE
NPM               : 11114949
KELAS           : 2KA28
     
PTA 2015/2016
UNIVERSITAS GUNADARMA







MAKALAH TEORI ORGANISASI UMUM 2






KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI


Disusun Oleh :


1. Nur Aini Fauziyyah                         18114130
2. Dio Putra Dilaga                              13114194
3. Bachtiar Rivaie                                11114949
4. Yan Shaputra Amin                         1C114348
5. Muchamad Gilang Saputra              16114855




SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
PTA 2015/2016


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan petunjuk, kekuatan dan perlindungan, sehingga kami dapat menyusun dan menyelesaikan tugas metopel ini dengan tepat waktu. Makalah ini membahas komunikasi dalam organisasi.

Dalam penyusunan makalah ini, penulis banyak mendapat tantangan dan hambatan akan tetapi dengan bantuan dari berbagai pihak tantangan itu bisa teratasi. Olehnya itu, penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini.

Meskipun penyusun telah berusaha untuk menyelesaikan tugas akhir ini dengan semaksimal mungkin, namun penyusun menyadari masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan baik dalam susunan kata, isi maupun bentuknya. Oleh karena itu penulis mengharap adanya kritik maupun saran.
  

BAB II
PENDAHULUAN
A.  LATAR BELAKANG
Seperti yang kita ketahui dalam kehidupan sehari-hari kita tidak pernah lepas dari yang namanya komunikasi, baik secara langsung maupun tidak langsung. Komunikasi secara langsung salah satunya adalah dengan cara bertemu dan bertatap muka secara langsung sedangkan komunikasi secara tidak langsung bisa melalui perantara orang ketiga yang menyampaikan pesan nantinya. Hal ini pasti selalu ada di dalam kehidupan bermasyarakat. Apalagi sifat manusia itu sendiri adalah makhluk social yaitu makhluk yang tidak dapat hidup sendiri melainkan perlunya interaksi dengan manusia lainnya. Salah satu bentuk konkret dari interaksi ini adalah komunikasi tersebut.
Komunikasi organisasi dapat didefinisikan sebagai pertunjukan dan penafsiranpesan di antara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian suatu organisasi tertentu. Suatu organisasi terdiri dari dari unit-unit komunikasi dalam hubungan hierarkis antara yang satu dengan lainnya dan berfungsi dalam suatu lingkungan. Komunikasi organisasi melibatkan bentuk-bentuk komunikasi antar pribadi dan komunikasi kelompok. Namun dalam pembahasan yang ada di dalam makalah ini adalah mengenai komunikasi dalam konteks organisasi karena itu untuk memenuhi pembelajaran mata kuliah Teori Organisasi Umum ini, penulis mengambil judul “Komunikasi dalam Organisasi” di dalam makalah yang penulis kerjakan ini.

B.  RUMUSAN MASALAH
Adapun masalah  dalam makalah  ini adalah sebagai berikut yaitu:
1.    Apa yang dimaksud dengan Komunikasi?
2.    Apa saja Unsur – Unsur dalam Komunikasi?
3.    Bagaimana menyalurkan ide dalam komunikasi?
4.    Apa saja Hambatan dalam Komunikasi?
5.    Apa saja Klasifikasi komunikasi dalam Organisasi?

C.  TUJUAN DAN MANFAAT
Tujuan dalam penulisan ini adalah :
1.    Agar mahasiswa mengerti apa itu komunikasi.
2.    Agar mahasiswa mengerti bagaimana cara menyalurkan ide dalam komunikasi.
Manfaat dari penulisan ini adalah untuk dapat kita pelajari dan mengetahui serta bisa kita mengerti.

BAB II
PEMBAHASAN

A.  PENGERTIAN KOMUNIKASI
Asal kata komunikasi berasal dari kata kerja bahasa latin “kommunicare” yang berarti menyebarkan  / memberitahukan. Jadi menurut asal katanya komunikasi berarti menyebarkan / menyebarkan informasi kepada pihak lain guna mendapatkan pengertian yang sama tentang sesuatu hal. Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi dan pengertian dari satu orang ke orang yang lain.
Secara Umum Komunikasi adalah Usaha mendorong orang lain menginterprestasikan pendapat seperti apa yang dikehendaki oleh orang yang mempinyai pendapat tersebut.
Menurut Chester I Bernard Komunikasi adalah Suatu alat dimana orang-orang yang bersangkutan saling berhubungan satu sama lain dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan umum.
Menurut Koontz Odonnell Komunikasi adalah Suatu pemindahan informasi dari satu orang ke orang lain.
Menurut Wexley And Yuki Komunikasi dapat diberikan definisi sebagai pengiriman informasi antara dua orang / lebih.
Menurut Mc Farland Komunikasi sebagai interaksi atau proses hubungan saling pengertian antar manusia
Menurut Elliot Jaques Komunikasi adalah penyampaian berbagai macam perasaan, sikap, dan kehendak baik secara langsung maupun tidak langsung, baik secara sadar maupun tidak sadar. 

B.  UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI
Menurut Charles E-Redfield mengatakan bahwa unsure-unsur komunikasi ada lima yaitu:
1.    Komunikator, yaitu pemberi berita
2.    Menyampaikan berita, yaitu dapat dilakukan dengan cara mengatakan, mengirim, atau menyiarkan.
3.    Berita yang disampaikan, yaitu dapat dalam bentuk perintah, laporan, atau saran
4.    Kommunika, yaitu orang yang dituju atau si penerima berita.
5.    Tanggapan / reaksi, yaitu dalam bentuk jawaban / reaksi oleh si penerima berita.

C.  BAGAIMANA MENYALURKAN IDE MELALUI KOMUNIKASI

Bagaimana menyalurkan ide melalui komunikasi :


 D.  HAMBATAN KOMUNIKASI

Sasaran komunikasi adalah berbagai hasil yang ingin dicapai / diperoleh dalam proses komunikasi dan tergantung dari arah komunikasi dalam organisasi. Dengan demikian secara singkat dapat dikatakan bahwa sasaran komunikasi adalah agar setiap perintah intruksi nasehat pengarahan saran dan lain-lain sesuai dengan arah komunikasi yang dilakukan organisasi dapat diterima, dimengerti, dan dipahami oleh penerima komunikasi.
Untuk mencapai sasaran komunikasi sebagaimana yang telah diuraikan diatas, komunikasi sering menghadapi berbagai hambatan antara lain:

a)    Hambatan bersifat teknis
Þ    Kurangnya sarana dan prasarana
Þ    Penguasaan teknik dan metode komunikasi yang kurang
Þ    Kondisi fisik yang tidak memungkinkan untuk melalukan komunikasi.

b)   Hambatan semantic
Þ    Sematik dapat diartikan sebagai suatu studi tentang pengertian. Pengertian dapat diungkapkan melauli bahasa baik lisan maupun tertulis. Jadi yang dimaksud adalah hambatan yang disebabkan kesalahan dalam penafsiran, kesalahan dalam memberikan pengertian yang dipergunakan.

c)    Hambatan perilaku
Þ    Pandangan bersifat apriori
Þ    Prasangka yang di dasarkan pada emosi
Þ    Suasana otoriter
Þ      Ketidakmauan untuk berubah
Þ      Sifat yang egoistis

d)   Hambatan organisasi
Þ      Tingkatan hirarki
Þ      Wewenang manajerial
Þ    spesialisasi

e)     Hambatan antar individu
Þ    Persepsi selektif
Þ    Status dan kedudukan komunikator
Þ    Keadaan membela diri
Þ    Pendengaran lemah

E.   KLASIFIKASI KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI


Dari segi sifat
Menurut arahan

a)      Komunikasi lisan
b)      Komunikasi tertulis
c)      Komunikasi verbal
d)     Komunikasi non verbal


a)    Komunikasi keatas
b)   Komunikasi kebawah
c)    Komunikasi diagonal keatas
d)   Komunikasi diagonal kebawah
e)    Komunikasi horizontal
f)    Komunikasi satu/dua arah

Menurut lawannya
Menurut keresmiannya

a)    Komunikasi satu lawan satu
b)   Komunikasi satu lawan banyak
c)    Kelompok lawan satu
d)   Kelompok lawan kelompok


a)    Komunikasi formal
b)   Komunikasi non formal



BAB III
PENUTUP
A.  KESIMPULAN
Komunikasi berarti menyebarkan / menyebarkan informasi kepada pihak lain guna mendapatkan pengertian yang sama tentang sesuatu hal. Komunikasi adalah Usaha mendorong orang lain menginterprestasikan pendapat seperti apa yang dikehendaki oleh orang yang mempinyai pendapat tersebut.
Tujuan komunikasi adalah berhubungan dan mengajak dengan orang lain untuk mengerti apa yang kita sampaikan dalam mencapai tujuan. Keterampilan berkomunikasi diperlukan dalam bekerja sama dengan orang lain.



DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar