TUGAS
SOFTSKILL
(TEORI ORGANISASI UMUM 2)
(TEORI ORGANISASI UMUM 2)
Disusun oleh:
Bachtiar Rivaie
11114949
2KA28
UNIVERSITAS
GUNADARMA
PTA 2015/2016
PTA 2015/2016
BAB I
PENDAHULUAN
·
Apa
itu Organisasi?
Organisasi
(Yunani:
ὄργανον, organon - alat) adalah suatu kelompok
orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.
Dalam ilmu-ilmu
sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama sosiologi,
ekonomi,
ilmu politik,
psikologi,
dan manajemen.
Kajian mengenai organisasi sering disebut studi organisasi (organizational
studies), perilaku organisasi (organizational
behaviour), atau analisis organisasi (organization analysis).
·
Definisi
Organisasi
Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai
tempat atau wadah bagi orang-orang untuk berkumpul, bekerjasama secara rasional
dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber
daya (uang,
material,
mesin,
metode,
lingkungan),
sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan
efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Menurut para ahli terdapat beberapa
pengertian organisasi sebagai berikut.
§
Stoner
mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui
mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
§
James
D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap
perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
§
Chester
I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu
sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
§
Stephen
P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity)
sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif
dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk
mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
BAB II
ISI
·
Ciri-Ciri Organisasi secara umum
·
Memiki
tujuan dan sasaran
·
Memiliki
komponen yaitu atasan dan bawahan
·
Adanya
kerja sama yang terstruktur
·
Memiliki
pendegelasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas.
·
Memiliki
keterikatakan format dan tatat tertip yang harus ditaati
·
Unsur-Unsur
Organisasi secara umum
ü Man, adalah unsur utama pembentuk
organisasi yang disebut sebagai personil atau anggota yang menurut fungsi dan
tingkatannya terdiri atas unsur pimpinan (administrator) sebagai pemimpin
tertinggi organisasi, para manajer pemimpin unit tertentu suatu kerja sesuai
fungsinya dan para pekerja (workers). Setiap hal tersebut merupakan kekuatan
organisasi.
ü Kerja Sama, adalah unsur organisasi dimana
setiap anggota atau personil melakukan perbuatan secara bersama-sama untuk
tujuan bersama.
ü Tujuan Bersama, adalah Sasaran yang ingin dicapai/
diharapkan baik dari prosedur, program, pola atau titik akhir dari pekerjaan
organisasi tersebut.
ü Peralatan (Equipment), adalah sarana dan prasarana yang
berupa kelengkapan dari organisasi tersebut baik itu berupa bangunan (gedung,
kantor), materi, uang, dan kelengkapan lainnya.
ü Lingkungan (Environment), adalah unsur organisasi yang juga
memiliki pengaruh. Faktor tersebut adalah ekonomi, sosial budaya, strategi,
kebijaksanaan. anggaran, dan peraturan yang telah ditetapkan.
ü Kekayaan Alam, yang termasuk dengan kekayaan alam
adalah air, cuaca, keadaan iklim, flora dan fauna.
ü Kerangka/Kontruksi Mental Organisasi, adalah landasan dari organisasi
yang berada pada visi organisasi tersebut dibuat.
·
Teori
Organisasi
Ø Teori Organisasi Klasik adalah teori yang memiliki konsep
organisasi mulai dari tahun 1800 (abad 19) yang mendefinisikan organisasi
adalah sebagai struktur hubungan, kekuasaan-kekuasaan, tujuan-tujuan,
peranan-peranan, kegiatan-kegiatan, komunikasi dan faktor lain ketika orang
bekerja sama. Teori klasik sangat tersentralisasi dan tugas-tugasnya
terspesialisasi serta pemberian petunjuk mekanistik struktural yang kaku dan
tidak kreatif yang digambarkan oleh para teoritisi. Teori Klasik disebut juga
dengan teori tradisional. Teori klasik berkembang dalam 3 jenis aliran antara
lain sebagai berikut..
Ø Teori Birokrasi, teori birokrasi dikemukakan oleh Max
Weber dalam bukunya yang berjudul "The Protestant Ethic and Spirit of
Capitalism
Ø Teori Administrasi, teori administrasi dikembangkan
atas sumbangan dari Henry Fayol dan Lyndall Urwick dari Eropa serta Mooeny dan
Reliey dari Amerika
Ø Manajemen Ilmiah, teori ini dikembangkan oleh
Frederick Winslow Taylor yang dimulai pada tahun 1900.
Ø Teori Organisasi Neoklasik adalah Teori yang menekankan pada
pentingnya aspek psikologis dan sosial, baik sebagai individu dan kelompok
dalam lingkungan kerja. Teori Neoklasik adalah teori/aliran hubungan manusia
(The Human Relation Movement). Dalam pembagian kerja, diperlukan hal-hal
berikut yang telah dikemukakan teori neoklasik antara lain sebagai berikut..
o
Partisipasi,
yaitu melibatkan setiap orang dalam proses pengambilan keputusan
o
Perluasan
kerja, yaitu sebagai kebalikan dari pola spesialisasi
o
Manajemen
bottom-up, yang akan memberikan kesempatan para junior untuk berpartisipasi
dalam pengambilan keputusan manajemen puncak.
Ø Teori Organisasi Modern adalah teori yang bersifat terbuka
dimana semua unsur organisasi satu kesatuan yang saling ketergantungan. Teori
modern dipelopori oleh Herbert Simon yang ditandai dan dimulai disaat
berakhirnya gerakan contingency. Teori modern disebut juga sebagai analisa
system pada organisasi yang merupakan aliran ketiga terbesar dalam teori
organisasi dan manajemen. Sistem terbuka yang dipelopori Katz dan Robert kahn
dalam bukunya "the social psychology of organization". yang
menjelaskan dalam bukunya mengenai keunggulan sistem terbuka.
BAB III
PENUTUP
·
Analisa
dan Pendapat
Organisasi
yang pada dasarnya ialah suatu kelompok
orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Berorganisasi memiliki banyak
manfaat antara lain;
o
Tercapainya
sebuah tujuan
o
Melatih
mental bicara di publik
o
Mudah
memecahkan masalah
o
Melatih
leadership
o
Memperluas
pergaulan
o
Kuat
dalam menghadapi tekanan
o
Meningkatkan
wawasan dan pengetahuan
o
Membentuk
karakteristik dengan seseorang
o
Mampu
dalam mengatur waktu dengan baik
o
Sebagai
ajang dalam pembelajaran kerja yang sebenarnya
Oleh
karena itu diharapkan dengan mempelajari apa itu organisasi, definisi, ciri,
unsur maupun teori kita dapat mengembangkan diri sebagai suatu bagian dari
makhluk social yang dapat membentuk ataupun berpartisipasi dalam suatu
organisasi.
Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
http://www.artikelsiana.com/2015/04/pengertian-organisasi-tujuan-ciri-ciri-manfat-unsur-unsur-organisasi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar